9 Cara Merawat Kaos Sablon Agar Tahan Lama – Kalian suka pakai baju sablonan yang di desain sendiri atau samaan dengan teman-teman? Tapi bajunya tidak tahan lama atau sablonan di permukaan baju mudah pudar? Kalian perlu mempelajari cara merawat kaos sablon tersebut dengan baik. Dengan cara perawatan yang tepat, tentu sablon pada kaos akan tahan lama. Jika sablon tersebut telah pudar, maka kaos pun menjadi tidak menarik lagi saat digunakan. Sebaiknya kamu tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk merawat kaos dengan sablon saat sablon kaos di Makassar.

Sablon pada kaos adalah hasil cetakan desain yang bertujuan untuk membuat kaos menjadi unik, keren, dan menarik. Setiap jenis sablonan memiliki sifat yang berbeda-beda, dan hal tersebut yang menjadi daya tarik bagi pembeli atau pemilik kaos.

Ini adalah 9 cara untk merawat kaos agar tahan lama, buat kalian yang hobby menggunakan kaos sablonan ;  

Sablon kaos di Makassar - 9 CARA MERAWAT KAOS SABLON AGAR TAHAN LAMA 8

1. Jangan mencuci terlalu lama

Untuk daya tahan yang lama, kaos sablon berbahan katun atau kaos sablonan kalian yang berbahan cotton combed hanya boleh dicuci saat dibutuhkan.

Setiap pencucian juga memiliki dampak lingkungan (dalam hal air dan energi) dan mencuci lebih sedikit dapat membantu mengurangi penggunaan air kalian dan jejak karbon. Di masyarakat barat, rutinitas binatu sering kali lebih didasarkan pada kebiasaan (mis. Mencuci setiap habis pakai) daripada pada kebutuhan sebenarnya (mis. Mencuci ketika kotor).

Meskipun katun berkualitas kuat, setiap pencucian menyebabkan stres pada serat alami dan akhirnya menyebabkan penuaan dan pemudaran kaos sablonan kalian lebih cepat. Karena itu, hanya mencuci sedikit mungkin salah satu tips paling penting untuk memperpanjang umur kaos sablon bahan katun favorit kalian.

Mencuci pakaian tepat saat dibutuhkan, tentu saja bukan tidak higienis tetapi akan berkontribusi pada hubungan yang lebih berkelanjutan dengan lingkungan.

Sablon kaos di Makassar - 9 CARA MERAWAT KAOS SABLON AGAR TAHAN LAMA 7

2. Hindari menyikat kaos berlebihan

Mencuci kaos yang disablon dengan cara disikat akan mengurangi kualitas kaos secara perlahan, lebih mudah memudar, lepas ataupun rusak dan tidak menarik lagi untuk digunakan. Sehingga menyikat kaos sablon tidak begitu dipelukan dalam proses pencucian.

Lebih disarankan untuk di kucek perlahan menggunakan tangan, tidak juga menggunakan mesin cuci. Jika ada noda membandel dapat diatasi dengan menyikat seperlunya saja dengan tambahan deterjen.

Sablon kaos di Makassar - 9 CARA MERAWAT KAOS SABLON AGAR TAHAN LAMA 1

3. Jangan menunda membersihkan noda

Jika kaos sablonan kesayangan kalian terkena noda, sebaiknya segera membersihkannya jangan menunda untuk dibersihkan. Sebab semakin lama noda dibiarkan maka akan semakin menyerap dan menyebar, tidak ad acara lain selain menyikat. Sedangkan menyikat akan menyebabkan sablonan terlepas, rusak sehingga tidak lagi menarik untuk digunakan.

Sablon kaos di Makassar - 9 CARA MERAWAT KAOS SABLON AGAR TAHAN LAMA 2

4. Jemur bagian dalam kaos (dalam keadaan terbalik)

Kaos sablon yang dikeringkan dalam waktu lama atau terpapar sinar matahari secara lansung akan mudah merusak kualitas sablon pada kaos. Makadari itu saat kaos dijemur sebaiknya dijemur secara terbalik, agar pemukaan sablon tidak secara lansung terpapar oleh sinar matahari.

Cara ini bisa memperlambat pemudaran warna dan sablon pada pakaian, apalagi ketika matahari sedang bersinar terik.

Sablon kaos di Makassar - 9 CARA MERAWAT KAOS SABLON AGAR TAHAN LAMA 3

5. Pisahkan jenis pakaian atau warna pakaian

Meski kadang terasa malas melakukannya karena semua pakaian yang akan dicuci sudah jelas semua sama-sama kotor, namun tahukah kalian bahwa keputusan kalian untuk lebih rajin memisahkannya atau membiarkannya karena malas akan berdampakn pada daya tahan dan kualitas pakaian kalian?

Itulah sebabnya mengapa laundry eksklusif sangatlah mahal karena mereka benar-benar professional dalam pekerjaannya, proses mencuci tidak hanya sekedar dicuci saja melainkan memperhatikanhal-ha yang tidak boleh dilakukan.

Jadi jika mencuci kaos sablon, misalnya berbahan katun sebaiknya dipisahkan dengan jenis pakaian lain. Agar daya tahan dan warna baju kesayangan kaos sablon kalian tidak mudah pudar. Mulai sekarang kalian harus mulai mendisiplinkan diri yah, sekalipun dalam hal cuci mencuci.

6. Rendam dalam waktu yang singkat

Kebanyakan aktivitas merendam pakaian dilakukan dimalam hari atau saat subuh dan mencucinya dipagi hari, merendamnya berjam-jam dengan harapan setidaknya kotorannya akan lebih mudah dibersikan atau bahkan sudah bersih karena direndam deterjen dan air semalaman.

Hilangkan persepsi ini ya! Hal ini tidak lebih hanya akan merusak kaos sablonan kesayangan kalian, kenapa? Karena jika terlalu lama, permukaan sablon akan mudah lepas karena pengaruh air dan deterjen.

Sablon kaos di Makassar - 9 CARA MERAWAT KAOS SABLON AGAR TAHAN LAMA 4

7. Maksimalkan penampilan kalian dengan menyetrika kaos kalian

Mengingat bahwa kain khusus kaos, misalnya katun bisa jadi lebih atau kurang rentan terhadap kerutan dan kusut. Jika kaos kalian dicuci menggunakan mesin cuci, maka kekusutannya akan berkali-kali lipat, tentu saja kalian perlu menyetrikanya.

Jika mesin cuci kalian memiliki pengaturan khusus yang memungkinkan untuk ‘mengurangi kusut’ – kalian dapat menggunakan ini untuk mencegah keriput. Mengurangi siklus proses pencucian, kalian juga membantu mengurangi kekusutan lebih lanjut, tetapi ini berarti bahwa T-shirt kalian akan sedikit lembab saat keluar dari mesin cuci

Ketika menyetrika kaos sablonan kalian, berhati-hatilah pada area leher dan bahu: kalian tidak harus meregangkannya terlalu banyak pada area tersebut karena dapat mengakibatkan kaos kalian kehilangan bentuk. 

Jika kaos kalian memang membutuhkan penyetrikaan, maka yang terbaik adalah merujuk ke label perawatan garmen untuk memahami dengan tepat pengaturan suhu apa yang aman. Saat menyetrika kaos kalian, kami sarankan menyetrika secara terbalik dan menggunakan fungsi uap setrika kalian. Memberi sedikit kain katun sebelum menyetrika akan membuat seratnya lebih halus dan garmen akan lebih rata. Dan untuk penampilan yang lebih baik, dan perawatan T-Shirt kalian yang lebih lembut, kami biasanya merekomendasikan steamer daripada setrika konvensional.

Sablon kaos di Makassar - 9 CARA MERAWAT KAOS SABLON AGAR TAHAN LAMA 5

8. Dilipat saja, jangan digantung!

Kenapa? Idealnya kaos harus disimpan terlipat dan berbaring di permukaan yang rata. Kain rajutan ( dapat meregang ketika digantung dalam waktu yang lama.

Jika kalian lebih suka menggantung kaos kalian, gunakan gantungan lebar sehingga beratnya lebih merata. Jika kalian menggantung kaos kalian, pastikan kalian memasukkan gantungan dari bawah sehingga kalian tidak terlalu meregangkan leher.

Hindari sinar matahari selama penyimpanan agar waranya tidak memudar.

Sablon kaos di Makassar - 9 CARA MERAWAT KAOS SABLON AGAR TAHAN LAMA 6

9. Gunakan deterjen yang tepat

Belum banyak yang mengetahui bahwa sekarang ada deterjen yang lebih ramah lingkungan di pasaran yang terbuat dari bahan-bahan alami, tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbasis minyak. Ini bisa menjadi salah satu kontribusi kecil, agar deforestasi hutan berkurang.

Namun, penting untuk diingat bahwa bahkan ‘deterjen hijau’ akan mencemari air limbah – dan dapat merusak pakaian jika digunakan dalam jumlah yang terlalu tinggi – karena dapat mengandung banyak kelompok zat yang berbeda. Karena tidak ada opsi hijau 100%, ingatlah bahwa menggunakan lebih banyak deterjen tidak akan membuat pakaian kalian lebih bersih.

Semakin sedikit pakaian yang kalian masukkan ke dalam mesin cuci, semakin sedikit deterjen yang dibutuhkan. Hal yang sama berlaku untuk pakaian yang lebih atau kurang kotor. 

Itulah 9 cara merawat kaos sablon kalian agar lebih tahan lama, selamat mencoba!

Jika kalian membutuhkan sablon kaos satuan atau lusinan untuk kebutuhan komunitas, sekolah atau event kantor, kalian bisa hubungi SABLON KAMPUS.

Alamat Sablon Kampus

Kompleks Wesabbe, Blok D no 11, Tamalanrea, Makassar

Tim Sablon Kampus juga menerima pemesanan dari seluruh Indonesia. Tanpa harus datang ke Makassar, kalian bisa langsung hubungi kontak whatsapp kami dibawah ini untuk melakukan pemesanan.

Hubungi kami sekarang!

Sablon Kaos di Makassar
Facebook Comments

One Reply to “9 Cara Merawat Kaos Sablon Agar Tahan Lama”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *